Ruang Berbagi Informasi
-

Batu akik populer

Demam batu akik

Batu akik atau sejenis batu yang di asah dan di modifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi indah guna perlengkapan perhiasan seperti cincin liontin gelang dll,menjadi sangat populer di kalangan masyarakat sekarang ini baik dikalangan selebriti,pengusaha ,pejabat,bahkan rakyat biasa seperti saya pun ikut serta mempopulerkannya.

Keberadaa batu akik yang begitu populer saat ini memberikan nilai tambah buat kami kami yangberada di pelosok  daerah perbatasan ,kebetulan sekali di daerah kami masih banyak terdapat daerah aliran sungai berbatu yang masih asri  dan banyak terdapat macam macam jenis batu yang bisa di asah dan di modifikasi menjadi batu yang bermotif dan indah di pandang mata.

Hampir di semua desa di daerah kami (pedalaman kalimantan barat) turut serta mempopulerkan batu akik ini,setiap melewati desa pasti di temui beberapa kelompok yang sedang bekerja mengasah batu akik sambil mempromosikan keindahan batu akik kepunyaan masing masing....seru deh pokoknya semua orang akan bilang kalau batu akiknya lah yang paling indah dan hebat.

Beberapa jenis batu akik di daerah kami ada yang laku di pasaran dengan nilai jual tinggi lho.. salah satunya batu yang  di beri julukan batu red borneo ,.ciri khas batu jenis ini cukup unik jika kena sinar lampu fokus warnanya akan merah seperti warna ikan arwana. Bahkan ada yang seperti merah delima..ada juga batu yang diberi nama batu teratai.,masih banyak jenis Batu yang memiliki keindahan tersendiri di daerah kami.
red arwana

pengambilan batu batu tersebut di atas kami lakukan dengan cara menyelam tanpa menngunakan alat selam ada yang mencapai kedalaman sampai kurang lebih 7 meter baru mencapai dasar sungai dengn kondisi arus yang cukup deras,di perlukan keahlian dalam menyelam

Semoga saja kepopuleran batu akik di masyarakat tetap hidup jangan hanya musiman sehingga kita semua dapat berkreatifitas dan dapat menambah penghasilan tentu ya buat kita semua.amin