Ruang Berbagi Informasi
-

Sungai Kapuas

 Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang yang ada di kalimantan barat,sungai ini menghubungkan Kota Pontianak dengan kabupaten kabupaten lainnya di kalimantan barat sampai ke kabupaten Kapuas Hulu.beberapa kabupaten dan kecamatan yang letak kotanya di pinggir sungai Kapuas.sungai yang panjangnya 1.143 km ini merupakan sungai terpanjang di kalimantan bahkan di indonesia,

Daerah aliran sungai ini di fungsikan sebagai sarana angkutan air dari ibukota pontianak menuju beberapa kabupaten sampai ke kabupaten kapuas hulu. Dengan menggunakan motor air besar berkapasitas ratusan ton.
Disamping sebagai sarana angkutan sungai kapuas menyimpan banyak jenis ikan dan di jadikan pertanian sektor perikanan terutama budidaya ikan air tawar ,yang paling terkenal di kabupaten kapuas hulu adalah budidaya ikan toman dan ikan patin dengan cara di budidayakan menggunakan keramba.

Banyaknya ikan air tawar di sungai kapuas menjadikan mata pencaharian sebagian warga pesisir sungai kapuas ikan yang paling banyak habitatnya seperti ikan baong,ikan tebirin,ikan lais,ikan gurame serta masih banyak jenis ikan lainnya yang menjadi penghuni dari sungai Kapuas tersebut.

Sungai Kapuas juga mengenal akan musim yaitu musim pasang serta musim surut (kemarau) pergantian musim ini biasanya berlangsung sekitar bulan september-maret untuk musim pasang april -agustus musim kemarau.jika musim kemarau sungai ini tudak bisa di fungsikan dalam angkutan barang antar kabupaten.keuntungannya para nelayan Akan lebih mudah mendapatkan ikan lantaran sungai yang tadinya dalam serta luas menjadi dangkal dan mengecil.
Itulah sekilas cerita tentang sungai kapuas yang menjadi kebanggaan kami orang pesisir kapuas.