Ruang Berbagi Informasi
-

Macam umbi akar

1.UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.)
   Dari berbagai jenis umbi,ubi jalar merupakan jenis yang paling umum dibudidayakan dan diolah menjadi berbagai macam produk makanan.salah satu kultivar yang mengandung antosianin yang tinggi yaitu ubi jalar ungu.

2.UBI KAYU/SINGKONG (MANNIHOT ESCULENTA).
    Umbi ini kaya akan karbohidrat.itulah mengapa umbi ini dijadikan makanan pokok di beberapa daerah.selain akarnya,daunnya bisa diolah menjadi sayur dan pakan ternak.batangnya dijadikan kayu bakar dan seringkali dijadikan pagar hidup.

3.SUWEG (AMORPHOPHALLUS CAMPANULATUS B).
    Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis Araceae yang berbatang semu dan memiliki satu daun tunggal yang terpecah-pecah.jenis ini jarang dibudidayakan.ini adalah umbi paling besar di dunia.seluruh permukaan kulit suweg penuh dengan bintil-bintil dan tonjolan yang sebenarnya merupakan anak umbi dan tunas.sementara di bagian atas, tepat di tengah-tengah lingkaran umbi,terletak tunas utamanya.
Bobot umbi suweg ukuran raksasa ini bisa mencapai 10 kg lebih.kandungan airnya cukup tinggi,yakni antara 65-70 %.kandungan patinya dibawah 30%.umbi suweg masih satu kerabat dengan bunga bangkai raksasa dari sumatera,yang tingginya bisa mencapai 2 meter lebih.suwegpun sering mengeluarkan bunga.suweg adalah amorphophallus campanulatus,bunga bangkai raksasa amorphophallus titanum.suweg sangat potensial sebagai bahan pangan sumber karbohidrat.tepung suweg dapat di pakai sebagai pangan fungsional yang dapat Menekan peningkatan kadar glukosa darah dan mengurangi kadar kolesterol serum darah.
Suweg sebagai serat pangan dalam jumlah tinggi akan memberi pertahanan pada manusia terhadap timbulnya berbagai penyakit seperti kanker usus besar,divertikular,kardiovaskular,kegemukan,kolesterol tinggi dalam darah dan kencing manis.

4.GARUT (MARANTA ARUNDINACEA L.).
    Biasa disebut juga sagu,lerut,patat,pirut,irut dan angkrik.umbi ini merupakan bahan makanan yang sehat,tidak mengandung purin yang dapat menyebabkan asam urat tinggi,mengandung serat tinggi dan barium untuk mempercepat proses pencernaan.kandungan kolesterolnya sangat rendah.

5.GANYONG(CANNA EDULIS KERR).
    Dikenal ada 2 macam ganyong,yaitu ganyong berdaun merah dan berdaun putih,meskipun umbinya berwarna putih danmempunyai rasa yang sama.
Ganyong adalah salah satu sumber karbohidrat dan bisa menjadi pengganti terigu.dalam 100 gr ganyong terkandung 22,6 gr karbohidrat, 1,0 gr protein, 0,1 gr lemak, 0,1 gr vitamin B, 10 gr vitamin C.
6.GADUNG (DIOSCOREA HISPIDA DENNST.).
    Daunnya terdiri atas tiga helai daun,batangnya berbulu dan berduri tersebar sepanjang batang dan tangkai daun.
Umbinya berwarna coklat muda dan terdapat rambut-rambut akar yang besar dan kaku. Umbi gadung tidak dapat dikonsumsi secara langsung karena beracun sehingga harus diolah.