Ruang Berbagi Informasi
-

Budidaya jernang

Prospek menanam rotan jernang
Rotan jernang salah satu tumbuhan liar di hutan yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi di pasaran lokal maupun di luar negri,tumbuhan ini di ambil getahnya yang menempel pada kulit buah yang di gunakan untuk bahan industri pewarna dan salah satu kandungan kimianya di gunakan sebagai bahan obat obatan .
Tanaman ini sudah lama di kenal  oleh masyarakat sejak zaman dahulu  karena fungsi dan manfaatnya.
Batang tanaman ini juga di manfaatkan untuk industri rumah tangga sebagai bahan pembuat  alat alat kerajinan tangan seperti tempat menutup makanan,tempat untuk membawa barang(tas) juga bisa di gunakan sebagai bahan mebel seperti meja kursi rotan.
Majunya sektor pertanian terutama di bidang perkebunan membuat populasi rotan jernang mulai berkurang .untuk mencari buah rotan jernang orang orang harus ke hutan yang jaraknya sudah cukup jauh bahkan ada yang memerlukan waktu 2 hari berjalan kaki baru bisa menemukan tanaman ini.

Berkurangnya populasi rotan jernang di hutan mendorong  inisiatif banyak orang untuk membudidayakan tanaman ini dan ternyata tanaman ini  sangat mudah di budidayakan ,tanaman ini bisa tumbuh di  kondisi tanah yang agak lembab  dan cocok sekali di tanam si sela sela tanaman . Dan proses nya pun tidak terlalu sulit dan lama,sekitar umur tanaman 4 tahun rotan jernang sudah mulai belajar berbuah  dengan kondisi buah yang lebih bermutu dari yang di dapat di hutan ,hal ini di sebabkan pemeliharaannya yang di sertai pupuk alam.

Berdasarkan pantauan di lapangan satu pohon rotan jernang bisa menghasilkan kurang lebih 1 -sampai 2 kiloan buah  untuk yang tumbuh di hutan artinya jika di budidayakan mungkin lebih dari itu.
Harga buah rotan sekarang ini di tingkat pengepul berkisar di 50rb sampai 70 rb untuk jenis buah yang bagus, sebuah harga buah yang cukup tinggi ,bisa anda bayangkan jika dalam 100 pohon rotan jernang yang ditanam dan 60 pohon saja yang berbuah.jika satu pohon menghasilkan 1 kilo berarti 60 kg yang dihasilkan bukan kah merupakan hasil yang memadai dalam kurun waktu 4 bulan,(jernang berbuah setiap 4 bulan sekali sampai bisa di panen)
Pemasaran buah rotan jernang sangat ramai pembelinya ini disebabkan banyak nya permintaan getah jernang dari luar negeri,bahkan ada beberapa pembeli luar negeri yang datang ke indonesia untuk membeli langsung getah rotan ini ,sebuah prospek ke depan yang sangat menjanjikan .

Dari keterangan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa bertanam rotan jernang mempunyai prospek yang cerah,di samping kita ikut menghijaukan indonesia juga melestarikan tumbuhan rotan jernang agar tidak punah dan bertanam rotan jernang sangat mudah di lakukan .