Ruang Berbagi Informasi
-

Beberapa keunikan ikan arwana

Arwana merah termasuk jenis ikan langka yang ada di indonesia keberadaan ikan ini hanya ada di daerah tertentu saja .ikan arwana merah merupakan ikan jenis yang hidup di air tawar.dulunya ikan ini banyak terdapat di danau danau yang ada di kabupaten kapuas hulu kalimantan barat.pada masa sekarang ikan ini berhasil di budidayakan sehingga habitat nya tidak punah,kapuas hulu termasuk daerah yang berhasil membudidayakan ikan jenis ini dan sebagai penghasil ikan arwana merah terbesar di indonesia.
Ikan arwana merah mempunyai beberapa keunikan tersendiri  berikut beberapa keunikan ikan arwana merah
Ikan arwana betina  bisa bertelur sendiri tanpa harus ada pasangan.banyak kejadian ikan ini bertelur sewaktu di pelihara di dalam akuarium,biasanya setelah ikan berumur di atas 4 tahun.

Dalam proses penetasan telur ikan arwana jantan yang memegang peranan ,telur akan di simpan di dalam mulut sang jantan untuk di eram. selama hampir mendekati 2 bulan telur berada di dalam mulut sang jantan dan selama itu pula sang jantan tidak makan.bisa kita bayangkan betapa hebatnya sang jantan demi kehidupan anak anaknya dia rela tidak makan selama lebih 1 bulan.

Selama telur di erami oleh sang jantan sang induk menjadi pengawal untuk menjaga sang jantan dari gangguan ikan lain,setelah telur menjadi anak ikan baru lah di keluarkan oleh si jantan anak ikan sudah dalam keadaan bisa berenang lincah.

Ikan hias arwan termasuk jenis ikan yang mempunyai pisik yang kuat tahan terhadap kondisi air yang sering berubah ubah.
Nah masih banyak keunikan lain dari ikan tersebut yang belum di tuliskan di sini.

Kesimpulan betapa hebatnya perjuangan hidup ikan arwana demi kelangsungan hidup keturunannya (anak anaknya) rela berkorban untuk tidak makan selama proses penetasan telur.bahkan ada sang jantan  mati setelah telurnya menetas,akibat pisiknya yang lemah karna tidak makan selama proses pengeraman.
Lalu bagaimana dengan kita??????????????