Ruang Berbagi Informasi
-

Jongkong kapuas hulu

Kecamatan jongkong adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten kapuas hulu  yang mempunyai wilayah seluas 589,79 Km dengan jumlah penduduk 11.064 orang, kepadatan penduduk 18,75/Km.terdiri dari beberapa desa,
Letak kota jongkong tepat di pinggir sungai kapuas ,merupakan sentral ekonomi dari desa desa yang berada di pinggiran sungai kapuas juga desa desa yang ada di danau.

Motor tempel juga motor air merupakan alat transportasi air yang banyak di gunakan oleh masyarakat setempat yaitu sebuah mesin yang di letakkan ke perahu,tempel inilah yang digunakan sebagai alat transportasi sebagian warga dalam aktifitas pekerjaannya sehari hari.
Mata pencaharian masyarakat jongkong banyak di sektor pertanian terutama di perkebunan karet juga nelayan.Sungai kapuas merupakan tempat aktifitasnya para nelayan di jongkong di samping di gunakan untuk transportasi air juga merupakan sungai terpanjang di kalimantan barat yang juga menghubungkan antar kecamatan yang ada di kapuas hulu.
Jongkong juga di kenal sebagai penghasil penganan temet(kerupuk basah),kerupuk ikan,ikan asin(balur) dan masih banyak lagi produk produk home industry lainnya.
Untuk berkunjung ke jongkong bisa menggunakan transportasi darat juga air,beberapa tempat rekreasi juga terdapat di jongkong salah satunya hamparan pasir yang panjang yang ada di Dusun teluk saka.
Nah itulah beberapa informasi tentang kota jongkong kabupaten  kapuas hulu .oh ya jangan lupa jika anda sesekali datang ke jongkong cicipi penganan khasnya.
Baru baru ini pemerintah kabupaten kapuas hulu mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Kabupaten yang di pusatkan di kota jongkong yang di ikuti oleh 23 kecamatan yang ada di kabupaten kapuas hulu,pembukaan nya di lakukan langsung oleh Bapak bupati Kapuas Hulu.