Ruang Berbagi Informasi
-

Lepaskan Getah Jernang dari Buah

MENGAMBIL GETAH JERNANG DARI KULIT BUAH
Zaman dahulu sebagian masyarakat Kapuas Hulu mengambil getah jernang hanya di gunakan untuk pewarna  tudung saji atau entudung(tempat untuk menutup makanan ) yang terbuat dari anyaman rotan juga untuk mewarnai Sabit(sejenis tas  terbuat dari anyaman rotan) ,tanggui(caping) juga ukiran ukiran adat lainya.
Teknik yang di pakai masyarakat waktu itu sangat praktis dalam kapasitas buah sedikit yaitu buah yang sudah di lepas dari tangkainya di masukan kedalam sodung(anyaman dari rotan berbentuk lonjong)(ambung) sodung di pukul perlahan sambil sesekali di goncang resin akan terjatuh ke bawah lewat pori pori anyaman sodung tersebut.kelemahan cara ini getah tidak bisa terlepas semua dari kulit buah dan butuh waktu cukup lama,karna buah harus di angin angin dulu biar getah kering dan mudah terlepas dari kulitnya.untuk buah tidak terlalu banyak teknik ini masih tetap di pakai sampai sekarang
Cara mengambil Getah Jernang dari kulit buah menggunakan Bor Listrik
cara ini lebih efesien dan hasilnya mendekati sempurna karna getahnya hampir terlepas semua dari kulitnya dan tidak di perlukan waktu yang lama berikut tips mengambil getah jernang dari kulit buah yang praktis dan efesien tanpa butuh waktu yang lama
pada prinsipnya getah buah rotan jernang menempel di kulit buah dan mudah terlepas jika bersentuhan satu sama lain atau bersentuhan dengan benda padat lain nya asalkan buah rotan tersebut pada posisi kering dan tidak busuk.cara tradisional seperti yang pernah saya tulis sebenarnya sama saja prinsipnya dengan cara yang akan di utarakan pada halaman ini bedanya cara tradisional terlalu lama prosesnya serta hasil yang dihasilkan tidak begitu bersih artinya getah masih banyak menempel di kulit buah padahal sudah di lakukan secara ber ulang ulang sementara cara berikut ini hasilnya bisa melepaskan getah sampai benar benar bersih kalau pun ada yang masih menempel hanya di bawah 5% saja sehingga kita bisa mengolah getah dalam porsi buah yang banyak.

oke langsung saja kita mulai bagaimana cara melepas getah jernang dari kulit buah dengan bantuan bor listrik
.
1.Siapkan Bor listrik tangan atau yang punya dudukan sendiri saya rekomondasikan pakai bor yang punya dudukan sendiri biar tidak terlalu capek.
2. Siap kan wadah untuk menampung buah kira kira jika buah di masukan ke wadah tersebut masih banyak ruang tempat kosong di atasnya,paling pas menurut saya adalah wadah bekas cat air yang 25 kg.,selain pinggirannya keras murah meriah trus bisa nampung buah sampai 2 kiloan
3. Buat mata bor dari besi cor yang kira kira tidak mudah bengkok panjangnya tergan tung ketinggian wadah yang anda pakai .buat seperti tri sula di ujung mata bor kalau bingung lihat besi pada besi mixer  pengocok adonan kue  kira kira seperti itu,atau bisa anda modifikasi sendiri asal pada prinsip bisa mengocok buah rotan di dalam wadah yang kita pakai( prinsip kerja seperti kita mengocok adonan kue pakai mixer)
Siapkan juga saringan atau wadah yang berlubang lubang kecil  fungsinya untuk menyaring setelah kita olah buah nanti
Sebelumnya buah rotan jernang harus posisi kering setelah di lepas dari tangkainya,jangan di jemur cukup di angin angin saja.jika anda jemur apalagi buak dalam posisi basah atau lembab nanti hasilnya tidak maksimal banyak buah yang pecah waktu kita olah.
Setelah agak kering masukan buah di wadah yang kita siap kan tadi ( kaleng plastik bekas cat) kira kira 1/3 dari ruang wadah . Maksudnya biar nanti buah tidak berhamburan waktu kita putar(kocok) dengan bor usahakan putaran bor tidak terlalu cepat,kalau pakai bor dudukan ada setelannya biar putaran tidak terlalu cepat.
Kocok buah di kaleng plastik yang kita pakai tadi kira kira 3 menit jangan terlalu lama agar buah utuh tidak pecah.prinsipnya kita memutar buah agar bersentuhan satu sama lain juga bersentuhan dengan pinggir wadah kita serta bersentuhan dengan mata bor yang kita modifikasi tadi.
setelah +_ 3 menit pindahkan buah ke wadah yang berlubang maksudnya biar getah jatuh ke bawah, buah tetap di wadah tsb.ulangi langkah memutar buah jika masih belum terlepas semua getah jernang pada kulit buah.

Getah yang kita kumpulkan tadi di saring lagi  pakai ayakan  halus (biasa di pakai untuk meras santan kelapa) biar seperti tepung,yang masih terlihat kasar di tumbuk pakai loyang dari kayu jangan pakai loyang yang terbuat dari batu atau besi

Setelah getah halus jangan dulu di masukan ke plastik pembungkus, angin anginkan dulu di atas kain ,biarkan kira kira 7 jam baru kita masukan ke plastik pembungkus,jika kita langsung memasukan getah tersebut tanpa di angin angin dulu getah akan keras dan membeku tidak ber bentuk tepung.pembeli rata rata membeli dalam bentuk serbuk atau tepung.

Nah itulah salah satu cara melepaskan getah jernang dari kulit buah yang menurut saya paling cepat dan efesien serta hasil yang maksimal.
catatan jangan sekali kali menjemur getah serta buah pada sinar matahari langsung.
oh ya buah yang sudah terlepas getahnya jangan di buang masih bisa kita olah lagi,cara pengolahannya tunggu artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat mohon maaf kalau ada yang salah dalam kata katanya serta penulisannya niat saya tulus untuk berbagi informasi ini .