Ruang Berbagi Informasi
-

Agar tetap cantik di saat cuaca panas

Memasuki musim kemarau, tak mudah mempertahankan kecantikan wajah agar tetap sehat, lembut dan dengan kosmetik yang menempel sempurna. Walaupun keberadaan topi bisa membantu wajah dari terpaan langsung sinar matahari, ada baiknya anda tidak mengabaikan perawatan harian wajah agar senantiasa segar dan cerah.

     Hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan harian wajah adalah senantiasa membersihkan wajah dari debu yang menempel. Pertama, bersihkanlah area seputar mata dengan pembersih khusus mata dengan gerakan melingkar dan menggunakan kapas kecantikan.

     Untuk area wajah, gunakanlah pembersih wajah atau sabun khusus wajah dengan gerakan rotasi ke arah atas. Setelah itu, tepuk-tepuk wajah menggunakan kapas kecantikan yang telah dibubuhi penyegar. Setelah bersih, oleskan pelembab pada wajah dan leher. Bila berencana melakulan aktivitas di alam terbuka pada siang hari, ada baiknya anda menggunakan pelembab yang mengandung tabir surya.

     Untuk perawatan malam, oleskanlah krim malam yang berfungsi memberikan nutrisi dan mengembalikan kekenyalan serta mencegah penuaan dini. Selain itu, anda bisa mengoleskan krim khusus mata untuk mencegah terjadinya kerutan di sekitar mata.
     Perawatan harian ini juga harus dibarengi dengan perawatan mingguan. Angkat sel mati pada wajah dengan menggunakan krim penghalus wajah (scrub) untuk merangsang regenerasi kulit. Lakukan dengan gerakan rotasi ke arah atas. Angkat dengan waslap yang basahke arah luar. Hindari penggunaan scrub pada sekitar mata, wajah yang berjerawat atau sensitif.
     Untuk melembutkan wajah, gunakanlah krim urut wajah untuk meningkatkan sirkulasi nutrisi dan merangsang regenerasi sel-sel kulit mati. Lakukan pijatan selama beberapa menit dengan gerakan rotasi ke arah atas dan ke samping luar. Berikan tekanan-tekanan ringan pada titik tertentu seperti dagu, dahi dan seputar mata. Angkat dengan waslap yamg telah dibasahi dengan air hangat.
     Untuk tahap akhir perawatan mingguan, kencangkan wajah dengan menggunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Oleskan merata pada wajah dan leher serta hindari sekitar mata dan bibir. Biarkanlah hingga setengah kering lalu angkat dengan waslap atau spons facial yang telah dibasahi.
     Dengan perawatan wajah seperti ini, jika amda melakukannya secara rutin dan disiplin, wajah cantik dan segarpun bisa didapatkan. Cobalah.....
Sumber Kompas/klasika 2014