Ruang Berbagi Informasi
-

Mata uang yang banyak dipasarkan


Pasar Valuta Asing atau yang lebih di kenal dengan sebutan Valas semakin hari semakin banyak yang melakukannya.Tentu saja hal ini menimbulkan gairah perdagangan mata uang semakin populer dan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.Dipasar Valuta Asing (valas) ada beragam mata uang yang di perdagangkan .Berikut nama mata uang yang paling banyak di perjual belikan.

Dollar AS
Di buat sejak tahun 1913 oleh Bank Sentral Amerika Serikat ( FED),Dollar As ini menjadi patokan utama mata uang asing lainnya,seperti,pound inggris ,yen jepang dan euro.Sebagai salah satu Negara dengan kondisi ekonomi terkuat AS sempat di landa krisis yang membuat perekonomian global terguncang,sehingga Dollar AS pernah mmengalami fluktuasi,akan tetapi tidak menyurut kan Para pelaku pasar mata uang  untuk memburu Dollar As di perdagangan Vallas .

Euro Eropa
Euro di kelola oleh Bank Sentral Eropa(ECB) yang memayungi 17 bank sentral negara anggota zona Eropa.ECB juga memiliki dewan eksekutif yang membuat kebijakan moneter turut mempengaruhi sistem ekonomi negara negara anggotanya.Mata uang ini cenderung lebih stabil daripada mata uang dollar Australia atau pound inggris.

Pound inggris
Diterbitkan oleh Bank Sentral Inggris .mempunyai komite untuk membuat kebijakan moneter dan menetapkan patokan inflasi harga konsumen sebesar 2% artinya jika inflasi naik lebih dari 2 % Bank Sentral Inggris akan mengeluarkan peringatan pada pasar tentang kemungkinan kebijakan moneter yang kontradiktif.

YEN Jepang
Di terbitkanOleh Bank Sentral Jepang (BoJ),yen jepang cenderung memberikan tingkat bunga rendah.mata uang ini sering beradu dengan mata uang yang memberi hasil lebih tinggi ,seperti dollar australia dan pound inggris.

Franc Swiss
Berbeda dari Bank sentral lainnya,Bank Sentral Swiss(SNB) merupakan lembaga keuangan pemerintah dengan kepemilikan pribadi dan publik.

Dollar Kanada
Keunikan dollar kanada adalah berkaitan dengan minyak mentah.hal Ini mengingat Kanada menjadi eksportir utama komoditas tersebut.Akibatnya,banyak pedagang dan investor memakai dollar kanada sebagai salah satu patokan untuk berspekulasi terhadap pergerakan harga pasar minyak.
(Sumber Kompas / Klasika 2014)