Ruang Berbagi Informasi
-

Budi daya ikan arwana merah

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan langka yang hanya ada di beberapa negara saja salah satu nya di indonesia khususnya di kalimantan.
Ikan ini memiliki beberapa nama sebutan antara lain ikan siluk  dan ikan naga.
Karena kelangkaan nya serta beberapa keunikannya ikan ini menjadi salah satu jenis ikan hias yang mahal di pasaran.per ekor ikan ini umur 5 bulan di hargai 2,5 jt sampai 4 jt tergantung keindahan tubuh ikan .

Karna keindahan ikan arwana para penggemar ikan hias sering melakukan kontes ikan arwana merah ,dan kritia penilaian yaitu dari warna serta keindahan dan kelincahan ikan arwana merah.

Meskipun ikan ini tergolong ikan langka ,dengan kemajuan teknologi ikan arwana merah bisa di budidayakan.dengan cara di kembangkan di kolam.
Perawatan ikan ini juga terbilang cukup mudah.yang perlu di jaga adalah pH air serta kebersihan kolam .

Masa produktif  ikan arwana  berkisar umur setelah umur ikan betina berumur 4 tahun.Sang betina akan bertelur  setelah masanya telur akan di keluarkan dan di buahi oleh sang jantan serta akan di erami oleh ikan arwana jantan di mulut sang jantan.setelah berumur -+ 40 hari baru anak ikan arwana akan di lepaskan oleh ikan arwana jantan  dari mulutnya.selama ikan jantan mengerami telur selama itu sang jantan tidak menyentuh makanan.

Ada juga para petani ikan ini yang memanen sebelum anak ikan bisa berenang atau setelah di erami sang jantan berkisar belasan hari,tehnik ini memerlukan keahlian khusus serta alat alat khusus telur yang sudah di erami akan di ambil paksa dari sang jantan kemudian di pindahkan pada sebuah alat khusus untuk proses pengeraman sampai telur ikan tersebut menjadi anak ikan dan bisa berenang.
Proses penetasan ini memiliki beberapa keuntungan karna biasanya hasil penetasan lebih sempurna dari hasil penetasan alami oleh ikan arwana jantan  kelemahan nya anak ikan hasil proses ini pisiknya tidak sekuat anak ikan hasil penetasan alami oleh sang jantan.
Beberapa keunikan ikan arwana dapat di baca di sini