Ruang Berbagi Informasi
-

Atasi mata juling pada arwana

Dalam memelihara ikan arwana merah ada beberapa hal yang paling sering di temui pada pisik ikan arwana kesayangan kita

hal tersebut terkadang membuat ikan kita tampak sakit dan aneh dari biasanya.Salah satu yang sering terjadi adalah mata ikan arwana yang turun atau juling.

berikut beberapa  pertanyaan dan jawaban tentang ikan arwana yang kita pelihara di dalam akuarium mengalami mata turun (juling)

1. Bagaimana cara efektif mencegah mata ikan arwana yang juling?

Jawab : Tempatkan ikan arwana di akuarium berukuran 10 kali lebih besar dari tubuhnya.Akuarium juga harus di buat seperti habitat asli,tidak menggunakan lampu,dasar di beri substrat berupa pasir kerikil hitam.

2. Saya memberikan jangkrik sebagai pakan utama,bukan ikan kecil atau udang untuk menghindari mata ikan arwana juling.Apakah ada jenis pakan tertentu ,misal cecak atau cacing tanah yang berefek memicu mata ikan arwana melotot atau juling?

Jawab : Ikan arwana cocok di beri pakan berupa kodok,kadal,kelabang,dan jangkrik.Ikan mas dan udang juga boleh di berikan karena kaya protein.Semua pakan dari alam tidak mengandung zat pemicu mata juling.

3.Apakah mata arwana yang juling bisa disembuhkan tanpa operasi?
Jawab : YA. Cara paling murah dan mudah menyembuhkan mata juling pada ikan arwana  adalah dengan melepas ikan arwana tersebut ke dalam kolam.lengkapi kolam dengan sirkulasi air fan di beri pakan berupa kodok.

4.Selain gangguan pencernaan,apakah ada efek negatif jika arwana di beri pakan secara berlebihan ?

Jawab:Pemberian makan berlebihpada ikan arwana menyebabkan amonia menumpuk,muncul bakteri,parasit yang mengganggu kesehatan ikan ,dan ikan akan menjadi bosan pada jenis pakan tertentu.

Nah itulah tips cara atasi mata turun (juling) pada ikan arwana kesayangan anda di rumah,semoga bermanfaat