Ruang Berbagi Informasi
-

Cegah kanker rahim

KANKER RAHIM

     Penyakit ini merupakan momok yang paling menakutkan bagi sebagian besar perempuan.kita sebagai perempuan, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan terutama kesehatan dan kebersihan diseputar kemaluan.
     Penyakit ini bisa kita hindari bila kita membiasakan untuk selalu menghindari hal-hal penting seperti di bawah ini :

1. Jauhi nikotin
     Ini peringatan paling penting buat wanita pencandu nikotin  Nikotin mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada paru-paru dan juga serviks. Sayangnya tidak diketahui dengan pasti berapa banyak jumlah nikotin yang diambil sehingga menjadikan penyebab kanker serviks.

2. 'Douching' Vagina
     Kita sering membersihkan vagina dengan obat antiseptik tertentu. Kebiasaan membersihkan vagina bisa  menimbulkan kanker serviks.sama seperti menggunakan antiseptik maupun deodoran. 'Douching' atau cuci vagina bisa menyebabkan jangkitan di serviks. Jangkitan berlebihan akan merangsang terjadinya perubahan sel, yang akhirnya jadi kanker. Ingat, jangan sembarangan membeli obat pembersih vagina.apalagi obat itu mampu membunuh kuman yang ditugaskan untuk mempertahankan PH vagina.

3. Menyapu Bedak
     Jangan sesekali menyapu bedak di sekitar vagina yang gatal atau merah-merah. Pemakaian bedak pada vagina wanita (sewaktu subur) bisa menyebabkan terjadinya kanker ovari (indung telur). Ketika ovulasi terjadi luka di ovari dan apabila disapu bedak, ia akan melekat di atas luka tersebut.
Kelebihan sel ini akhirnya akan berubah menjadi sel kanker.

4. Berganti-ganti Pasangan
     Kanker serviks juga bisa terjadi pada wanita yang gemar berganti-ganti pasangan seks. Virus seperti 'Human Papilloma Virus (HPV)' akan mengubah sel-sel di permukaan 'mukosa' dan terus merebak menjadi kanker.

5. Lambat Kawin
     Wanita yang lambat kawin atau bahkan tidak kawin beresiko untuk terkena kanker ovari dan 'endometrium'. Ini disebabkan mereka akan terus-menerus mengalami ovulasi (kesuburan) tanpa henti. Jadi rangsangan terhadap 'endometrium' akan terus terjadi  dan sifatnya akan berubah menjadi kanker. Apabila haid pertama terjadi dibawah usia 12 tahun, tempo atau perjalanan siklus haid menjadi lebih panjang. Jadi kemungkinan untuk terkena kanker ovari semakin besar. Salah satu cara terbaik untuk mencegahnya ialah kawin dan hamil.