Ruang Berbagi Informasi
-

Kisah nyata pahit getir kehidupan

aku mulai sibuk masuk ke Sekolah Menengah Atas, sekolah tersebut terletak di salah satu kota yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, tepatnya di jongkong, SMA Negeri 1 Jongkong.
   
Yaa....disinilah awal kehidupanku yang baru. Baru kali ini aku berpisah dengan orangtuaku. Aku disini tinggal di tempat saudara ibuku, Siti namanya.
     Masa Orientasi Siswa (MOS) yang selalu ada di setiap sekolah,saat tahun ajaran baru akan aku jalani di hari pertama ini, pertama aku hanya memiliki seorang teman yang bernama Jesy.
   
Oke!.dihari pertama ini,kami para calon siswa/i SMA N 1 Jongkong mendapat pengarahan dari panitia MOS yaitu kak Pandi,tak lupa juga guru kesiswaan ikut andil dalam kegiatan MOS ini. Kami semua diberikan nama gelar oleh kakak Dampok (kakak kelas anggota OSIS), kalian tahu nggak namaku mendapat gelar jeruk nipis, oh.....no.....aku malu sekali dan sahabatku Jesy mendapat gelar kangkung (nama salah satu jenis sayuran).
     Hmm.....aku hanya tersenyum, "cantik-cantik kok kangkung sih!!!(kataku dalam hati).
Baru pertama kenalan kok kakak Dampoknya pada garang sih.....eh,taunya ada salah satu kakak Dampok dengar aku ngomong,
OMG!!!......aku takut sekali,kak Hilda namanya,yaa orangnya baik sih,tapi aku dilaporin ke ketua OSIS yang garang banget.
Coba kalian tebak,apa yang akan terjadi!?....ya pastilah kena hukuman.ih, menyebalkan.aku sangat malu dan aku terkenal nakal saat MOS.
 

         Kegiatan MOS di hari ketiga yaitu hari terakhir,kalian tahu di hari ini adalah hari penentuan penerimaan siswa-siswi baru dan di hari ini tantangan juga jebakan lebih dahsyat dari hari pertama dan kedua, memang sih nggak ada body contect.but, I feel so very tense when I to hear the voice of all kakak Dampok,ihh menyeramkan.
   
Mereka nggak tahu kalau aku jantungan.ada seorang kakak Dampok yang marahin aku sampe aku menangis dan jatuh pingsan.namanya kak Tole.tapi memang karena salah aku juga sih karena membangkang perintahnya.akhirnya aku tidak mengikuti kegiatan MOS sampe selesai.dan Alhamdulillah setelah kegiatan selesai,kami semua dinyatakan diterima di sekolah yang kami inginkan yaitu SMA Negeri 1 Jongkong.WOW it's amazing for me!
   
Di hari pertamaku masuk sekolah,aku masuk lokal X A yang berjumlah 28 orang. Disinilah awal cintaku dimulai.....he he
Maklumlah ABG!?.....aku jatuh cinta dengan salah seorang siswa X B,sebut saja Hendra. Seiring dengan berjalannya waktu,kamipun semakin dekat.tak butuh waktu lama bagi kami untuk saling mengenal,tepatnya Agustus 2013 kami jadian,alias pacaran.....hi hi.Hendra adalah cinta pertamaku.
     Sepulang sekolah aku harus banting tulang membantu bibiku membuat kue untuk dijual ke warung dan ke kantin sekolah. Cerita hidupku tak selalu bahagia meskipun mempunyai seorang kekasih. Di rumah aku harus mengerjakan pekerjaan rumah,ini semua aku lakukan untuk membiayai sekolahku.

Mendapat beasiswa karena juara 1.
Andai kalian tahu......aku seringkali menangis merindukan orangtuaku.aku tak bisa pulang kampung bila saat liburan tiba karena biaya yang mahal.aku harus bisa berhemat agar aku bisa sekolah seperti sahabatku yang lain.
     Aku adalah salah satu murid yang tergolong berekonomi rendah, 6 semester aku di bebaskan SPP tiap bulannya dan mendapatkan beasiswa prestasi.pahit manis,suka duka selalu aku jalani dengan kesabaran.

     Sebelum jam 03.00 aku harus bangun untuk melanjutkan pekerjaanku tadi siang,yaitu membuat kue.ke sekolahpun aku di tugaskan untuk mengantarkan kue ke kantin setelah pekerjaanku di rumah selesai.
     Jujur, kalau kita sekolah tinggal di rumah orang itu sangat berat.terkadang aku hanya bisa istirahat saat malam saja. Itupun tak lama karena harus cepat tidur agar bangunnya gak kesiangan.
Bibiku adalah seorang wanita yang tegas,bijaksana dan disiplin sehingga aku harus sangat berhati-hati dan tidak lalai dalam bekerja. Inilah keadilan Tuhan Yang Maha Esa.DIA mempermudahkan segala urusanku di sekolah sehingga aku dapat gelar juara,setelah aku lelah bekerja di rumah. Disinilah aku belajar mandiri,dewasa,sabar dan ikhlas.
    Oke....,sekarang mengenai urusan percintaanku.ini sih tergolong konyol dan lebay.....hi hi.
     Awal semester satu aku belum mengenakan jilbab.entah mengapa di semester dua,hatiku tergerak untuk mengenakan jilbab,meskipun tidak permanen.
     Aku adalah kriteria cewek yang manja dan juga cemburuan
    karena aku sangat mencintai dia.saat itu aku berpikir bahwa dia adalah satu-satunya lelaki yang bisa membahagiakan aku dan juga orangnya baik.dalamhubungan ini orangtua kami sudah sama-sama mengetahui,itulah salahsatu alasanku takut kehilangan dia.
     Enam bulan pertama hubungan kami manis,enam bulan kedua manisnya masih ada,enam bulan ketiga manisnya mulai berkurang,hingga dua bulan kemudian hubungan kami akhirnya kandas di tengah jalan.alasannya tak bisa aku jelaskan.perlu waktu satu bulan untuk aku move on lagi.sebenarnya aku tidak ikhlas kehilangan dia,aku sempat tak bersemangat lagi untuk belajar.sehingga prestasiku turun jadi rangking 4.

Oh Tuhan......ini sangat menyiksaku.aku tak bisa terus begini.aku harus bangkit kembali.....
Akhirnya aku bertekad untuk berubah jadi lebih baik lagi.ingat,"Allah tidak akan mengambil apa yang kita sayang hanya semata untuk menggantikannya dengan yang lebih baik".itu aku kutip dari salah satu novel yang pernah aku baca. Dan salah satu hadis juga menjelaskan larangan dalam berpacaran,"seIslam apapun cara kita berpacaran itu haram". Itulah yang selalu aku ingat. Hadist tersebut selalu menjadikan aku untuk selalu istiqomah dan memutuskan untuk tidak berpacaran lagi sampai saat ini.