Ruang Berbagi Informasi
-

Ponsel pintar untuk teman wisata



     Berwisata kini harus melek teknologi. Bukan apa-apa, ada banyak hal akan jauh lebih mudah dan menyenangkan apabila mengandalkan teknologi.

     Jika anda mengandalkan ponsel pintar, baik yang berbasis iOS, Android maupun Windows, dewasa ini banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan perjalanan. Dari memesan penerbangan dan hotel hingga memantau cuaca dan nilai tukar mata uang, semua dapat dilakukan menggunakan ponsel cerdas.

     Setibanya di tempat tujuan yang masih asing, tidak ada alasan untuk kebingungan menentukan arah. Aplikasi peta dan penunjuk jalan yang dipandu suara belokan demi belokan seperti Google Maps dan navigation dapat diandalkan. Sementara itu, menemukan pusat-pusat keramaian dan atraksi wisata menarik juga lebih mudah dengan aplikasi semisal Tripadvisor.

     Jadi, anda tak lagi membutuhkan pemandu wisata karena semua informasi yang dibutuhkan sudah tersedia. Untuk menentukan titik berdiri, anda dapat memanfaatkan fitur Street View. Di sejumlah negara, dengan menetapkan titik berdiri, akan muncul foto keliling 360 derajat dari titik berdiri tersebut sehingga dengan mudah anda mengenali sebuah tempat.

     Untuk masalah bahasa, aplikasi seperti Google Translate dan Goggles sangat membantu untuk menterjemahkan kata-kata dalam bahasa setempat yang tidak dipahami. Dengan Goggles, anda cukup memotret papan petunjuk bertuliskan aksara lokal, google akan melakukan pencarian atau menerjemahkan aksara tersebut.
     Di sejumlah negara, terdapat pula layanan untuk memesan taksi atau membayar bus menggunakan ponsel. Jadi, wisatawan tak perlu pusing jika setelah naik ke dalam bus ternyata duit tunai di kantong tidak cukup. Angsurkan saja ponsel ke mesin pembaca data, dan transaksipun selesai.
     Yang lebih menarik adalah terobosan yang menurut rencana akan dihadirkan sebuah jaringan hotel internasional, yaitu membuka pintu kamar hotel menggunakan ponsel. Jadi tamu tak perlu lagi repot mengurus check-in karena konfirmasi telah diperoleh. Tamu dapat melewati resepsionis dan langsung menuju kamar. Untuk membuka pintu kamar, tinggal anda dekatkan saja ponsel ke mesin pembaca khusus, dan pintupun akan langsung terbuka. Layanan ini kini sedang diuji coba di dua hotel di AS.   Sumber  (Kompas/klasika)