Ruang Berbagi Informasi
-

Mandi pasir sehat

     Di jepang pasir bukan hanya sekedar media tanam bonsai, tetapi juga untuk menyembuhkan penyakit. Sejak 300 tahun lalu masyarakat jepang kerapkali menyambangi pantai Ibusuki di Propinsi Kagoshima. Mereka datang kesana untuk mandi pasir.

     Mandi pasir ? Mereka percaya panasnya pasir dapat mengusir penyakit saraf, rematik, sakit punggung dan penyakit lain. Pengunjung dipersilakan berbaring dipasir panas yang sudah digali sedalam 10 cm. Panjangnya disesuaikan dengan tinggi badan,kemudian pasir ditimbunkan ke sekujur tubuh pengunjung, kecuali kepala.

     Sebagaimana dipaparkan nipponia nomor 26, suhu pasir disana sebenarnya panas sekali, 55° C. Namun pengunjung tidak akan gosong setelah dikubur pasir lantaran udara diantara butir-butir pasir berfungsi sebagai penahan panas.

     Saat pertama kali membaringkan diri, punggung bagaikan tersengat panas. Apalagi setelah tubuh dikubur. Panas kian terasa. Darah serasa menggelora mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Mandi pasir ini jelas membuat jantung mensirkulasikan darah dengan baik. Biasanya sepuluh menit terkubur pasir sudah cukup. Begitu bangkit, badan terasa enteng dan nyaman.