Ruang Berbagi Informasi
-

Vitamin D cegah Kanker Usus Besar

   
     Banyak-banyaklah makan ikan salmon, mentega, kuning telor, minim susu atau mengunyah daun berwarna hijau gelap. Makanan yang banyak mengandung vitamin D sangat bermanfaat untuk meredam kanker usus besar. Hasil penelitian membuktikan, pasien yang mengkonsumsi 645 Ius (International units) vitamin D resiko terkena kanker usus 40 % lebih kecil daripada yang tidak diberi vitamin D.

     Penelitian yang dimuat Journal of the American Medical Association, sebagaimana dikutip Associated Press, melibatkan 3.100 sukarelawan. Menurut Dr. David Lieberman, ketua tim peneliti dan gastroenterologist dari Portland, Ore, Veterans Affairs Medical Center, Chicago, vitamin D berperan membantu tubuh menyerap kalsium.
 Ia banyak terdapat didalam tubuh dengan kandungan 1,5-2% dari total bobot badan. Sejumlah 99% kalsium terdapat pada tulang. Mineral utama ini ditemui di susu dan produk olahannya, kacang kedelai, kacang tanah, dan sayuran berdaun hijau tua.

     Bagi anda yang berusia di atas 50 tahun, The American Cancer Society menganjurkan tes kanker usus setiap 10 tahun. Selain itu direkomendasikan untuk mengkonsumsi 200-800 Ius vitamin D per hari. Sebagai perbandingan , 1 sendok makan minyak ikan mengandung 1.360 Ius; 1/2 ons ikan salmon, 360 Ius; 1 cangkir susu, 100 Ius.