Ruang Berbagi Informasi
-

Tanaman obat tradisional 1


Hutan indonesia kaya akan jenis tumbuhan yang dapat di jadikan sebagai obat tradisional beberapa jenis tanaman obat di bawah ini yang terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit secara tradisional dan aman bagi tubuh.

1 Daun kumis kucing

Tanaman ini mudah sekali di temukan di hutan indonesia terutama di hutan kalimantan sekarang ini tanaman kumis kucing menjadi tanaman pekarangan yang bermanfaat sebagai obat.kumis kucing sangatmudah tumbuh di pekarangan atau pot.

Manfaat daun kumis kucing rebusan airnya bisa menghancurkan batu ginjal serta meluruhkannya dan baik buat kesehatan ginjal berikut cara mengolahnya :

Bahan
Rambut jagung   1/2 genggam
Akar alang alang  3 jengkal
Daun kumis kucing 11 lembar
Cara membuat
Semua bahan di cuci bersih kemudian di rebus dengan 3 gelas airSetelah mendidih dan tinggal 1,5 gelas airnya di angkat dan di saring.Di minum 3x sehari sesudah makan masing masing setengah gelas.Jika masih minum obat dari dokter harus ada selang waktu kurang lebih 2 jam untuk menghindari over dosis.

2.Daun pegagan penyembuh epilepsi

Penyakit epilepsi atau yang sering di sebut ayan memang mempunyai gejala kejang secara tiba tiba dan sesaat.Penyakit ini sering kambuh ada kalanya mulut tudak berbusa .untuk perawatan usahakan menghindari kompor/tungku dan jangan biarkan si penderita mandi sendiri di sungai atau kolam.Yang paling penting hati penderita epilepsi tidak boleh tegang atau kecewa.usahakan selalu di buat senang dan tenang.Perbanyak
Makan sayuran terutama kangkung.Berikan sup dengan bumbu biji pala yang agak banyak untuk memberikan efek menenangkan.Berikut cara mengolah daun pegagan sebagai ramuan tradisional penyembuh epilepsi.

Bahan 
Daun pegagan      1 genggam
Meniran berikut akar  3 btg
Daun jintan 5 lembar
Daun poko  11 lembar
Umbi temu hitam 2 jari tangan 
Cara membuat 
Temu hitam di kupas ,di cuci  dan di iris -iris .Rebus bersama bahan lainnya dengan 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan airnya tinggal 3 gelas kemudian di saring .Obat ini di minum 3 x sehari  x 1,5gelas sesudah makan selama satu minggu berturut turut dalam setiap bulannya.